Bawa 2,3 Kg Sabu, Warga Aceh Ditangkap di Bandara Hang Nadim Batam

Seorang calon penumpang asal Pidie, Aceh, diamankan petugas Bandara Hang Nadim Batam karena kedapatan membawa 10 bungkus paket sabu. Paket sabu seberat 2,3 kilogram itu disimpan pelaku dalam kopernya.

"Benar, tim gabungan mengamankan seorang pria berinisial HI tadi pagi. Warga Pidie, Aceh," kata Kapolsek Bandara Hang Nadim, Iptu Davinsi Josie Sidabutar, Senin (13/11/2023).

Pria tersebut diketahui hendak berangkat dari Batam tujuan Lombok, NTB dengan transit di Yogyakarta. Namun, sebelum berangkat korban diamankan petugas Bandara.

"Jadi tujuan pelaku hendak ke Lombok, NTB," ujarnya.

Kronologi pengungkapan itu berawal dari kecurigaan petugas Avsec Bandara Hang Nadim saat melakukan pemeriksaan koper pada X-ray. Kemudian, dikoordinasikan dengan tim gabungan di Bandara Hang Nadim.

"Saat itu petugas jaga X-Ray Mencurigai sebuah Koper yang melintas di Layar monitor pemeriksaan. Kemudian hal tersebut dikoordinasikan atasnya," ujarnya.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan koper salah satu calon penumpang itu. Kemudian petugas bandara memanggil pemilik koper tersebut melalui pengeras suara.

"Pemanggilan kepada pemilik koper tersebut melalui pengeras suara Bandara Internasional Hang Nadim tetapi penumpang pemilik koper tersebut tidak datang ke ruang rekonsiliasi," ujarnya.

Pemilik koper yang dipanggil oleh petugas itu tak kunjung datang. Akhirnya petugas gabungan mendatangi pemilik HI yang sedang berada di ruang tunggu.

"Karena tak kunjung datang. Petugas gabungan mencari penumpang yang memiliki koper tersebut ke ruang tunggu A6. Calon penumpang itu kemudian dibawa ke ruang rekonsiliasi untuk memastikan. Dan pelaku HI mengakui koper tersebut miliknya," ujarnya.

Hasil pemeriksaan ditemukan 10 bungkus diduga sabu di dalam koper milik HI. Selain itu petugas mengamankan tiket serta tanda pengenal HI.

"Saat pemeriksaan ditemukan 10 bungkus paket sabu dengan total berat 2,3 kg. Pelaku HI serta barang bukti dilimpahkan ke BNNP Kepri untuk proses lebih lanjut," tambahnya. source

0 Komentar

close