Sembunyikan 1 Kg Sabu di Paha, Calon Penumpang Asal Aceh Ditangkap di Bandara Kualanamu

Petugas keamanan Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara, menangkap seorang calon penumpang pesawat pada Kamis, 9 November 2023. Penumpang tersebut ditangkap setelah kedapatan menyembunyikan 1 kilogram sabu di kedua pahanya.

"Pelaku sudah diamankan dan diserahkan ke Satres Narkoba Polresta Deliserdang untuk tindak lanjut penyelidikan," ungkap Iptu Natanail Surbakti, Kapolsek Bandara Kualanamu, Kamis, 9 November 2023.

Dia menjelaskan, seorang calon penumpang pesawat tujuan Jakarta kembali ditangkap tim interdection Bandara Kualanamu. Dia ditangkap karena mencoba menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat sekitar 1 kilogram. Sabu tersebut coba diselundupkan dengan cara disembunyikan di kedua paha.

Sabu itu dibungkus plastik hitam dan dilekatkan di paha dengan lakban. Tersangka berinisial ZZ, 28, warga Aceh Timur. Dia ditangkap di area sekuriti chekpoint (SCP) lantai II pintu masuk keberangkatan ruang tunggu Bandara Kualanamu.

Upaya penyelundupan narkoba itu berhasil digagalkan berkat kejelian petugas. Petugas mencermati cara berjalan ZZ yang tidak stabil saat di pintu pemeriksaan X Ray.

Karena menaruh rasa curiga, petugas lalu melakukan pemeriksaan manual dan akhirnya menemukan benda yang menempel di kedua paha ZZ dan setelah diperiksa, ternyata berisi sabu. Petugas Kualanamu pun segera mengamankan ZZ dan kemudian menyerahkannya ke Polsek Bandara.

Meski sudah sering digagalkan, tetapi upaya penyelundupan narkoba melalui Bandara Kualanamu terus terjadi. Dengan kejadian ini, tercatat sudah ada 16 calon penumpang pesawat yang ditangkap di Kualanamu karena mencoba menyelundupkan narkoba, sejak September 2023.

Dari jumlah pelaku itu, total barang bukti narkoba yang disita mencapai 16 kilogram. Mayoritas mereka berasal dari Aceh. source

0 Komentar

close